Tuesday, May 29, 2007

darkbike story



16 april 2005. Amsterdam
...setelah liat begitu banyak orang seliweran pake sepeda ( konon, di netherland perbandingan penduduk dengan sepeda 1:6, satu orang punya 6 sepeda).. gw jadi penasaran bgt pengen nyewa sepeda, setelah liat2 tempat sewaan yang ok, gw pilih yang ada boncengan untuk aqraa-my only son. Seingat gw, waktu itu harus bayar 12 euro untuk 3jam pake. kalo mau tambah insurance nambah 8 euro. tau kenapa? di amsterdam setiap hari lebih dari 600 sepeda berpindah tangan (alias dicuri), jadi si bule rental menawarkan insurance agar gw ga terbebani kalo sepeda tsb hilang saat dipake (kalo ganti sekitar 250 euro)..dasar ngirit, ga rela gw bayar nambah. Maka diajarilah gw dengan cermatnya bagaimana cara mengunci sepeda yang benar (sampe ada tiga gembok di satu sepeda bok!).

Terus terang, inilah pengalaman pertama gw bersepeda, setelah
18 taun ga pernah boseh (terakhir smp, tahun 87 pake BMX tea)...wah, lumayan kagok, apalagi bonceng si jagoan yang sudah begitu tak sabar ingin jalan-jalan. Kita berkeliling kota Amsterdam (yang ternyata lumayan kecil..hehe) yang nyaris rata (ga seperti bandung, yang pasti). hampir semua yang gw lewatin ada jalur khusus untuk sepeda. wah, nikmat banget. sangat aman dan menyenangkan. udara april pas bagus2nya pula.

Setelah satu jam lebih mengitari kota, jalanan yang mulus dan angin segar membuat aqraa tertidur di kursinya (yang emang di desain khusus, pake seat belt segala)...jadilah gw bertualang sendirian dulu. muter2 di beberapa jalan yang mirip dan kayaknya sempet ke-ulang2 juga sih..hehe..tapi yang penting anak gw bisa terus tidur. lumayan.
Aqraa terbangun, ketika gw berhenti di sebuah taman kota yang beken banget (aduh, kok lupa ya namanya) persis di depan gerobak eskrim. kita beli 2 eskrim, parkir sepeda, kunci dan kunci, lalu aqraa bermain pasir di playground sama anak2 bule (yang bahasanya -asli- ajaib, tapi anehnya kok mereka bisa ngobrol-langsung akrab dan maen bareng ya?). Sementara mata gw ga pernah lepas dari itu sepeda, bukan kagum-takjub atau gimana, tapi sumpah - gw takut ada yang ngangkut itu benda..hehe (kurang ajar tuh si bule rental bener2 bikin gw kepikiran soal 600 sepeda tadi)... Alhamdulilah, kita jalan pulang dan sepeda kembali dengan aman. Malamnya kaki lumayan pegal2. tapi gw puas, dan banyak senyum, bener2 takjub sama asyiknya bersepeda. Gw pun bertekad : harus punya sepeda setiba di Indo!


31 Januari 2006. KramatJati.
Hari itu, pas Aqraa HUT 5. Gw menghadiahi diri gw juga, setelah menunda hasrat 8 bulan (dan memang gw sibuk banget nyelesain thesis gw juga sih hehe), akhirnya gw ngrakit sepeda pertama gw. Mountain bike. di sebuah toko di bilangan kramat jati (katanya sih disitu harganya super miring). Gw belum ngerti apapun tentang frame, parts dsb, jadi masih dipandu temen baru yang emang udah lebih dulu maen. Gw nongkrong nungguin itu sepeda terakit dalam 4 jam. serba hitam. That's my 1st
darkbike. sampe di rumah, istri gw cuman geleng2 kepala, karena buat dia gak masuk akal gw mau2nya maen2 sepedahan lagi...lagian seumur2 kenal gw, doi belum pernah liat gw boseh kan..haha..


today, 30 Mei 2007. Bandung.
..sepertinya benda ini udah jadi bagian hidup gw...sampe detik ini...Gw udah 3 x ganti / upgrade sepeda MTB. naik kelas terus tentunya...hehe (dan gw ga tau istri gw nyadar atau ngga ya? sorry ya bun..) dan yang pasti always black. always darkbike.
..Gw udah pernah ngalamin boseh 3 hari berturut2 start dari pangalengan nembus segala macem bukit-gunung- hutan- sampe finish di pantai pamengpeuk...(total skt 150km!)
Gw udah pernah manggul sepeda daki dan nyebrang kawah gunung papandayan untuk meluncur di punggung baliknya (beberapa kali bahkan) .. udah pernah nembus hutan super angker di garut ditengah hujan segede2 biji salak..hehe...dahsyatlah. Kalo cikole, tangkuban perahu, sukawana, lembang, puncrut dan sekitarannya sih udah ga keitung kalinya...walau fun, tapi ga selamanya mulus, sebagai speed-must biker, gw jg udah pernah jatuh dari bukit di daerah sumedang, awal taun ini, begitu kerasnya, hingga terpisah dengan sepeda sampe 30 meteran...rasa nyeri di rusuk kiri masih berasa sampe sekarang... :(

....sekarang gw punya 2 sepeda andalan di rumah (di kamar gw tepatnya) : satu buat ke gunung (all mountain bike) satu ke kampus (hybrid bike)...keduanya udah sehati banget sama gw. Dan dalam rangka menebar pesona bersepeda dengan racun sehatnya... gw jg tanpa ragu invest - ngebangun 6 sepeda MTB xc double suspensions (kembar 6 - juga hitam semua alias darkbike) yang gw rakit khusus untuk dipake tamu2 gw (alias korban gw..haha)...yang gw tularin, ajarin + pandu dan temenin tiap weekend nembus gunung2 dan hutan erotis sekitaran bandung... Program superfun ini udah jalan 6 bulanan..dan asli gw nambah teman buanyak banget dari sini.
Jadi kalo ditotal ada 8 tuh di rumah, belum lagi kadang gank gw suka nitip juga.. (nah, kebayang ngga geleng2nya istri gw saat ini, udah seperti head-bang kali..haha, untungnya kita emang beda kota, jadi doi ga liat tiap hari jejeran darkbike di garasi..hmm)..


Ga cuman di gunung dan hutan, gw juga berusaha minimal 3 x dalam seminggu bersepeda ke kampus dengan hybrid bike. berusaha konsisten dengan boseh dan boseh. Lumayan juga sih, keliatannya mulai banyak mahasiswa gw yang udah keracun sehat juga..hehe.. rame2lah mereka ngrakit sepeda, dan sebagian ada yang konsul sama gw juga. sayang, dosennya belum banyak. baru dua-tiga. Ini tantangan berikutnya. tentu.

Yang paling penting, kondisi fisik gw setahun terakhir meningkat drastis. asli. daya tahan tubuh juga mantaph. gw nyaris ga pernah masuk angin, pilek atau apapun. bawaannya seger, penuh energi dan semangaaaat terus.... nah, ini juga kali yang bikin istri gw akhirnya bisa nerima dan mulai pasrah (kalee, hahaha)...kalo anak gw, dia juga udah ga sabar pengen ikut ayahnya ber MTB, sayangnya, gw belum nemu sepeda gunung untuk ukuran anak 6 taun..kalo saja ada, ohh..indahnya dunia....

Akhirnya,
...mudah2an akan selalu ada 'korban' baru deh...(termasuk elu!) makin banyak orang mulai bersepeda, makin sadar hidup sehat, siapa tau makin sedikit mobil-motor, makin bersih kan udara kita.... yah, mimpi dikit boleh kan?
ok dah.
salam boseh, goes bin ontel...hehe

6 comments:

sassas said...

si bapa doddy ini emang konsistent ama sepedanya..walaupun kadang-kadang nyebelin karena suka maksa untuk ngeracunin kita semua supaya kita teracuni dengan sensasi naik sepeda. Aku salah satu yang jadi first victim untuk bobosehan untuk orang awam alias yang enggak pernah bobosehan sebelumnya start dari kawah putih ciwidey berakhir di situ patenggang, walaupun dengan susah payah akhirnya sampe finish juga...dan ternyata memang wuaasyik banget...aku punya rencana juga sih bike to work tapi nabung dulu ah...

Ria said...

Nulis web-log teh emang mood mood an. Makanya sampe sekarang mah multiply saya hanya keur maca nu batur hungkul. Bravo lah Dody udah bikin walaupun baru 3 postingan hehehehe Keep up the good work

Andrie Trisaksono said...

Whoaa... mang Dodih... cool man... Gue juga pernah ikutan acaranya. Dengan Bobot 3 digit, it was not an easy trip for me.. but It surely was a Megatons of fun. For Him, Biking is Better than SEX he he he.

Keep the the faith Bro!

ma'anne said...

Hebatlah Pak Doddy, yg udah bisa bikin istri geleng2 kepala dengan kelahiran "anaknya" yang 8 biji, item2 semua pula ! Gw salah satu korban seperti Bu Sassas ; yg mau marah disuru ngegoseh masuk hutan, naik turun gunung!
Selain ngeracun sepeda, loe mulai ngeracun pula untuk basah2an alias rafting (tp belum kesampean). yuk mari di-hajaaaarrrrrr.... !!!

Sheila said...

hi bang dodi, asek nih punya blog.. update dong biar seruuuu.. hehe
main2 ke tempatku juga di okeboo.multiply.com. happy blogging! (Lala)

Bikka Mitya said...

Hallo Mas,
salam kenal yah.

Dapet link ini dari Mas Deny, trus baca blog-nya jadi tambah penasaran dengan dunia per-sepedaan (mulai kena racun Mas Deny sama Ko Wawan Nets nih).
Sampe sekarang belum kesampean buat biking sih, one day deh insya Allah.

Posting terus dong, media bagus nih buat sosialisasi kegiatan bersepeda.

*cheers*